Info Umum : Internet Murah Dengan Nokia CDMA 6016i + Starone Prabayar

Untuk sobat Kumat dan temen-temen di Indonesia, ada cara praktis dan murah untuk nge-net dirumah. Mo sambil tiduran, mo sambil ngemil, pokoknya enjoy aja. Salah satu alternatifnya adalah menggunakan handphone Nokia CDMA 6016i dan kartu prabayar StarOne. Harga Hpnya sekitar 300 ribuan (cari di Aptel Griya CDMA Jl. Magelang Km. 5) dan biaya nge-net pakai StarOne Rp 75/menit (paket TIME) atau Rp 1/KB (paket VOLUME BASED).

Cara settingnya sbb :

1. Harus register dulu, kita pakai yg paket TIME (lebih murah dan fleksibel), ketik sms yg isinya : REG TIME , lalu kirim ke 799
2. Pastikan no kartu StarOne kita sudah di allow untuk internet, caranya hubungi customer service StarOne di 555.
3. Nokia CDMA 6016i dipasangkan dengan kabel data CA-42 (pakai DKU-5 sering gagal, cari di Tetra Kranggan Jogja ada kok)
4. Instal driver kabel datanya sekaligus modem (lewat cd, dikasih waktu beli kabel data CA-42 & untuk instal modem ada petunjuknya juga di cd)
5. Pasang kabel data ke handphone Nokia 6016i lalu colok ke USB di PC/laptop
6. Harusnya begitu dicolok, langsung ke deteksi kabel data dan modem 6016i
7. Sekarang tambahan AT Command untuk si driver modem, klik : start - control panel - administrative tools - computer management - device manager - modem - Nokia CA-42 CDMA USB Modem - pilih dan klik kanan lalu properties - advanced - copy paste ini command : at+crm=1;+cso=33 di extra initialization commands - ok
8. Sekarang buat koneksi, klik : start - all program - accesories - communications - network connection
9. Akan tampil window popup network connection, lanjut : klik : create a new connection - next - connect to the internet - set up my connection manually - connect using a dial up modem - pilih : Modem - nokia CA-42 CDMA USB Modem (COM4) -> COM ini bisa berapa aja sich, tergantung dapetnya di PC Anda.
10. Isi ISP Name : StarOne -> terserah Anda
11. Isi phone number : #777
12. Isi user name : starone password : indosat confirm password : indosat
13. Coba dial - sukses - selesai

Nokia CDMA 6016i jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan CDMA modem usb. Juga tarif StarOne yang Rp 75/menit kayaknya sih udah murah banget dibanding yang lain, kalo 1 jam berarti Rp 4500.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar: