Kumat Tour de Jepara 2008 : Pantai Kartini Jepara

Minggu, 20 Juli 2008 – jam 14.30 WIB

Tepat pukul 14.30 WIB, peserta tour muda-mudi Denggung tiba di obyek wisata utama, yaitu Pantai Kartini Jepara. Di lokasi ini lumayan panas, namun udara disini sangat sejuk dengan angin yang sepoi-sepoi. Disekitar dermaga, banyak kapal-kapal nelayan yang sedang ditambatkan. Sebelum melanjutkan langkah, seluruh peserta tour diambil gambarnya untuk kenang-kenangan.
Panitia sempat kebingungan, dikarenakan belum pernah mengunjungi pantai ini. Dengan modal nekat, panitia bertanya kepada penjual makanan setempat mengenai situasi dan kondisi di Pantai Kartini Jepara. Setelah diperoleh informasi dan kesepakatan, akhirnya panitia membawa seluruh peserta tour menyisir pantai menuju ke arah barat.
Obyek pertama yang rencananya akan dikunjungi rombongan adalah Kura-Kura Raksasa, dimana dalam bangunan tersebut terdapat aquarium yang berisikan ikan langka dan ikan hias, mirip Sea World Ancol (berdasarkan informasi dari internet). Namun setelah ditanyakan kepada petugas setempat, diperoleh informasi bahwa Kura-Kura Raksasa tersebut akan mulai beroperasi pada tahun 2012. Wah, lama nian bro. Rombongan kecele’ dah...

Tetapi, peserta tour tidak perlu patah hati karena di Pantai Kartini Jepara masih terdapat satu obyek lagi yaitu Pulau Panjang. Pasir di Pulau Panjang adalah pasir putih, sangat indah. Untuk mencapai Pulau Panjang harus menempuh perjalanan melalui laut menggunakan kapal. Setiap peserta tour dikenakan biaya Rp 10.000,00. Namun, dikarenakan uang kas pemuda yang dibawa masih mencukupi, maka setiap peserta tour hanya membayar Rp 5.000,00 untuk naik kapal menuju Pulau Panjang (subsidi kas pemuda Rp 5.000,00).

Sesampainya di Pulau Panjang, ada beberapa peserta tour yang langsung menceburkan diri ke air dan bermain bola. Air di Pulau Panjang lumayan jernih, namun sangat asin dan apabila terkena mata begitu pedih.
Beberapa peserta tour yang lain menyusuri sepanjang Pulau Panjang. Sesuai dengan namanya, daratan di pulau ini membujur-memanjang. Di dalam pulau ini terdapat makam dan banyak juga orang-orang yang berziarah disitu. Setelah sampai di sisi barat, terdapat pemandangan yang tak kalah menarik. Ada mercu suar dan gubug untuk bersistirahat yang langsung menghadap ke arah tenggelamnya matahari. Di sisi selatan pulau, banyak dijumpai burung bangau yang beterbangan. Tidak hanya burung bangau, di dalam pulau (yang mirip hutan) terdapat pula burung-burung dengan kicaunya yang indah.

Pemandangan yang indah di pulau ini, dimanfaatkan oleh salah satu peserta tour yaitu Mbak Prima untuk pemotretan iklan minuman berkarbonasi yang merknya tidak dapat kami sebutkan disini (kayaknya sprite tho mas cyber, wong kelihatan gitu, piye je...).
Mendekati pukul 16.30 WIB, banyak peserta tour yang dipaksa mencebur ke air untuk mandi bersama. Namun ada juga peserta tour yang sampai dikejar-kejar agar dapat masuk ke air, namun bisa melepaskan diri, yaitu Mas Endro dan Mas Eko The Bronk. Bahkan sampai pukul 17.00 WIB, dimana peserta tour yang lain sudah bersiap-siap untuk meninggalkan Pulau Panjang, mereka berdua masih saja menjauhi bibir pantai, takut ya mas..

Akhirnya kapal yang akan mengangkut peserta tour kembali ke Pantai Kartini tiba juga. Kapal tersebut adalah kapal terakhir yang didatangkan dari Pantai Kartini, sehingga mau tidak mau seluruh pengunjung yang ada di Pulau Panjang diangkut menggunakan kapal ini. Sesampainya di Pantai Kartini, peserta tour yang sebagian basah karena ikut mencebur ke air segera mencari tempat pemandian untuk berbilas. Cukup membayar Rp 2.000,00 saja, badan kita sudah bersih kembali. Peserta tour diberi kesempatan untuk makan malam di Pantai Kartini sekalian menunaikan ibadah sholat magrhib di masjid. Sekitar pukul 18.45 WIB, bus meninggalkan Pantai Kartini menuju obyek wisata terakhir untuk peristirahatan, yaitu kampung Denggung.
Dalam perjalan pulang sekitar pukul 23.00 WIB, peserta tour menyempatkan diri mampir membeli oleh-oleh di daerah Secang. Di sebelah toko oleh-oleh dijumpai warung soto-bakso. Tak pelak, warung pun diserbu peserta tour untuk makan bakso, soto, ataupun sekedar minum teh hangat dikarenakan di dalam bus, banyak peserta tour yang kedinginan (karena cuaca dan AC). Akhirnya pukul 24.00 WIB, bus tiba di kampung Denggung dengan selamat berhenti tepat di depan warung bakmi Pak Yanto. Beberapa orang tua dari peserta tour sudah menanti kedatangan anak-anaknya tercinta. Seluruh peserta merasa terpuaskan setelah mengikuti acara tour ke Jepara ini, namun bagi peserta tour yang belum puas dapat segera menghubungi panitia tour untuk segera dipuaskan di nomor telepon (0274) 3251285.
Panitia tour berharap, mudah-mudahan acara tour yang bisa menambah akrab muda-mudi Denggung ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun. Kritik dan saran yang membangun dapat diisi di komentar ataupun di buku tamu kumatcyber. Jayalah negeriku, jayalah Kumatku...

Tidak ada komentar: